Hariandialog,Friday 23 August 2019, 17:26
  • Create an account

Usai Gempa M-6.0, Gempa Susulan 9 Kali Mengguncang Kab.Jembrana,Bali

PDFPrintE-mail

Denpasar, hariandialog.com - 16-7-2019 Selasa, 16 Juli 2019, pukul 07.18.35 WIB, wilayah Samudera Hindia Selatan Bali-Nusa Tenggara diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG Pusat menyebutkan, menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6.0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5.8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut, jarak 80 km arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali  kedalaman 104 km.

Gempabumi Selatan di Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman menengah ini diakibatkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia, menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan,gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault).

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Badung V MMI (getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk Bali, orang banyak terbangun, gerabah pecah, jendela dan sebagainya pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang),

Di Nusa Dua IV-V MMI, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat IV MMI, Banyuw